Saturday, May 28, 2016

BEHIND THE SCENE STOP MOTION VIDEO

Stop Motion. Sudah tahu belum ? Oke buat yang belum tahu apa itu video Stop Motion, langsung aja lihat video singkatnya disini. Banyak yang bilang, bikin video stop motion itu susah, ga sabaran, njlimet, bikin sakit ati lah, dll. Engga juga sih sebenernya. Video stop motion itu sebenarnya sangat menyenangkan. It's about creating something to make LIVE ! Membuat benda mati menjadi lebih hidup dan bercerita itu seru dan menantang !



Beberapa minggu lalu saya ada project Stop Motion Anniversary. Request klien cukup unik, karena membutuhkan 2 karakter yang bercerita tentang perjalanan cinta sepasang kekasih. Saya pun berputar otak untuk memikirkan konsep secara matang agar jadi kado kreatif yang berkesan buat sang kekasih. Untungnya waktu yang diberikan cukup longgar, sekitar 3 minggu. Waktu tersebut saya manfaatkan sebaik mungkin untuk menyiapkan konsep, properti, produksi hingga editting. Berikut rinciannya:
1. 4 hari = briefing konsep (alur cerita, karakter, properti) dengan klien
2. 10 hari = pembuatan properti, karakter,dll
3. 4 hari = eksekusi properti (foto2)
4. 2 hari = proses editting

Peralatan yang saya gunakan untuk membuat video stop motion diantaranya:
1.  Kamera DSLR merk Nikon
2. Tripod
3. Car air & pensil warna Faber Castel
4. Kertas Concord & Kertas Gambar / Manila
5. Lampu belajar 10watt
6. Shutter Release
7. Gunting, Lem, pensil, Penggaris, dll


Proses yang paling lama adalah konsep dan pembuatan properti, bukan saat eksekusi. Konsep yang matang perlu waktu cukup lama supaya hasil video bisa maksimal. Gambar diatas adalah karakter si klien dan pasangan :).


Tips sederhana untuk membuat video stop motion yang menarik adalah:
1. Feel happy and relax. Jangan terpaku dengan tenggat waktu, nikmati setiap proses itu penting.
2. Konsep matang. Tidak masalah kalian butuh waktu lebih hanya untuk menyiapkan konsep. Yang penting konsep dirasa sudah oke dan waktunya 'masuk akal'
3. Creativity is the most important thing. Makin sering membuat video stop motion, kreativitas kalian semakin terasah. Secara tak langsung juga mempengaruhi ide, mood, dan skill, hitung2 sambil melatih kesabaran :p.

Finally, this is it ! Happy Anniversary for you guys ! Hope you like it !





Keep in touch with us at Instagram || Facebook || Youtube !
Email: stopmocreator@gmail.com
Mobile:
+62857 551 877 49
+6281 232 5757 94

No comments:

Post a Comment